Senin, 18 Agustus 2014

Ketep Pass, Magelang

Liburan… jalan-jalan…
Meskipun dalam beberapa waktu kemarin saya gak habis liburan T_T… tp saya ingin berbagi tentang suatu lokasi tujuan wisata di pulau Jawa.. Kali saja bisa menambah lokasi tujuan liburan anda selain Candi Borobudur. Hmmm, waktu itu , tepatnya hampir 3 tahun yang lalu, saya mengunjungi salah satu lokasi wisata yang ada di Ketep, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang belum pernah saya kunjungi juga sebelumnya yaitu Ketes Pass. What is it?hahhaaa….

Ketep Pas adalah obyek wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi. Lokasinya berada di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu). Perjanalan menuju lokasi itu sangat menarik, jalannya berkelok kelok, dan tanjakannya mantap cinnnn…. Untung saja waktu itu motor kesayangan saya si Usup sanggup gas pollll sampai tujuan..hahahaa…  Ketep Pass berjarak 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, atau 30 km dari Kota Magelang.
Ketep Pass diresmikan sebagai kawasan wisata jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) pada tanggal 17 Oktober 2002 oleh Presiden Indonesia saat itu yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri.


Di Ketep Pass kita bisa melihat gunung-gunung, tapi sayang waktu saya ke sana gunung merapi sedang berkabut

                                                          Jauh-jauhhhhh memandang



Ketep Pass juga menyediakan beberapa fasilitas menarik antara lain:

1.    Museum Vulkanologi
                                                          
Miniature Gunung merapi


2.    Bioskop mini
Di sana juga ada bioskop loh, ahaaa… bukan buat nonton film Indonesia ato Holywood yah. Tapi di sana di putar film berupa sejarah dari Gunung Merapi yang meliputi peristiwa terbentuknya G. Merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian di puncak Garuda, letusan dahsyat Gunung Merapi, dan berbagai peristiwa yang terjadi dalam rentetan waktu tertentu. Durasi dari film cukup pendek, hanya sekitar 25 menit. Antrinya dahsyat banget kaya film yang mw ditonton, jadi saya gak sempat ikutan nonton, Cuma numpang jepret di depan bioskopnya gak apa2 lah sama si ade…



3.    Pelataran Panca Arga
   Panca Arga (Lima Gunung) merupakan puncak tertinggi di obyek wisata Ketep Pass dimana kita dapat melihat 5 gunung yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Gunung Slamet. selain itu, kita juga bisa melihat gunung2 kecil dan bukit yang tidak kalah indahnya yaitu Gunung Tidar, G.Andong, G.Pring, Bukit Menoreh, Bukit Telomoyo, dan sebagainya.




Suka-suka-sukaaa….Lain waktu jalan2 ke sana lagi… *_*




Tidak ada komentar:

Posting Komentar