Senin, 04 Agustus 2014

Tips Berkendaraan

APAPUN ITU... HANYA INGIN MENULIS INI...belajar dan masih belajar ~~^^v

TIPS AMAN BERKENDARAAN

Berkendaraan yang aman, aman dalam berkendaraan pastilah menjadi doa bagi setiap orang yang akan berpergian. Terutama bagi Anda yang saat ini baru saja mudik atau bagi pekerja yang harus menempuh tempat kerja yang cukup jauh.

Hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam berkendaraan, terutama kendaraan roda dua antara lain :

1.     Cek kondisi kendaraan Anda. Apakah ban kendaraan masih layak, perlu tambah angin atau tidak. Rem kendaraan harus berfungsi dengan baik, dan yang utama adalah tangki kendaraan anda sudah terisi dengan bahan bakar. hehee...
2.     Jangan lupa membawa surat-surat penting baik surat-surat kendaraan maupun identitas diri.
3.     Panaskan mesin kendaraan Anda beberapa menit.
4.     Gunakan pengaman badan, seperti jaket, sarung tangan, helm standar, dan masker. Demi kesehatan agar Anda tidak masuk angin atau kulit Anda menjadi hitam karna tersengat sinar matahari.
5.     Jika Anda pengendara wanita, sebaiknya hindari membawa tas bergantungan bebas di bahu atau di stang kendaraan. sebaiknya taruh saja di dalam box motor atau sembunyikan dalam jaket akan lebih aman. Selain itu, jangan suka memperlihatkan perhiasan atau gadget Anda. Lebih baik kita mencegah dan tidak menimbulkan niat jahat seseorang yang melihat kesempatan itu.
6.     Kenali jalan yang Anda lalui. Kita perlu mengenal dan waspada dengan rambu-rambu lalu lintas yang ada, lobang-lobang atau jalan rusak agar tidak terkejut atau ngerem mendadak saat melaluinya sehingga tidak membahayakan keselamatan diri kita dan keselamatan pengendara lain.
7.     Jika kita sudah waspada dengan point2 di atas jangan tenang dulu karena tetap harus waspada dengan pengendara lain di jalan. Jika kita sudah berhati-hati berkendara tapi kadang kala orang lain seenaknya berkendaraan. Hindari orang2 mencurigakan yang mepet2 dengan kendaraan kita. Takutnya sih dia berniat tidak baik. Mengalah saja dengan pengendara yang ugal-ugalan atau yang suka kebut-kebutan karena mereka tidak peduli dengan pengendara lain, JADI pelankan saja kecepatan kita agar jauh dari orang2 itu. 
8.     Waspada juga dengan pengendara dengan plat nomor luar daerah (apa hubungannya yah? :D). Seringkali mereka sering belok mendadak, ragu2 di jalan seperti hendak mencari alamat jadi sering ngerem mendadak atau belok mendadak karena kurang mengenal daerah tersebut...

Sekian tips2 yang dapat saya berikan, hanya ingin berbagi, semoga saja dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Dan yang paling penting adalah, jangan lupa berdoa sebelum kita melakukan perjalanan agar selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT....

Salam hangat dari Penulis ^^v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar